Advertising dalam Digital Marketing

Di era serba digital saat ini, advertising dapat menjadi salah satu teknik yang sering digunakan dalam mengembangkan bisnis. Melalui advertising, pebisnis ataupun perusahaan dapat menjangkau pelanggan lebih luas dengan berbagai teknik iklan yang digunakan dan kata-kata persuasif yang dirangkai. Jadi apa sih sebenarnya advertising itu? Melalui tulisan ini kamu akan memahami apa itu advertising.

Advertising dalam Digital Marketing

Apa Itu Advertising?

Advertising merupakan usaha dalam menarik perhatian konsumen atau klien melalui  pesan yang persuasif dalam bentuk gambar, video, maupun kata-kata mengenai produk atau layanan yang ditawarkan. Iklan yang dibuat tentunya harus bersifat kreatif agar dapat disukai oleh konsumen. Dalam bisnis, iklan memang bertujuan untuk menarik konsumen baru dengan menetapkan target pasar serta menjangkau mereka dengan kampanye iklan yang efektif. Advertising dapat menjadi sebuah bentuk komunikasi efektif yang dibangun oleh perusahaan kepada konsumen.

Secara umum, banyak sekali jenis-jenis advertising yang bisa kamu jumpai sekarang, masih ada perusahaan yang membuat periklanan secara online dan ada juga yang membuatnya secara offline. Berikut jenis-jenis advertising:

1. Online advertising

Pastinya sebagian besar dari kamu sering melihat online advertising yang tersebar di internet. Biasanya, online advertising berada di sebuah website, media sosial, aplikasi, dan lain-lain. Jenis periklanan yang satu ini menjadi salah satu yang paling efektif untuk diterapkan, periklanan online bahkan menjadi salah satu yang paling populer dalam beberapa tahun terakhir. Lewat iklan online, kamu sudah dapat menentukan target pasar sesuai keinginan, seperti menentukan usia, gender, lokasi, dan lain-lain. Online advertising adalah iklan yang tergolong terjangkau dibandingkan dengan semua bentuk iklan lainnya.

2. Iklan media cetak

Iklan media cetak seperti di koran saat ini memang tidak terlalu populer seperti iklan online. Namun, jenis iklan ini masih digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan. Iklan media cetak biasanya, masih dipakai oleh bisnis local (media local) dalam upaya mempromosikan bisnisnya agar dapat menjangkau calon konsumen.

3. Iklan televisi

Iklan televisi adalah yang paling populer sebelum adanya online advertising. Banyak perusahaan besar berlomba-lomba menggunakan iklan televisi dalam menjangkau target pasar. Dengan kata lain iklan online mulai jadi pesaing, sampai saat ini masih ada yang menggunakan iklan televisi untuk kebutuhan promosi produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Iklan outdoor

Kamu pasti sering melihat iklan berbentuk billboard yang bertebaran di sepanjang jalan, bukan? Itu merupakan salah satu bentuk dari jenis iklan outdoor. Iklan outdoor dikenal sebagai iklan yang menjangkau konsumen ketika mereka berada di luar rumah. Billboard sampai saat ini masih efektif digunakan sebagai media iklan.

5. Product placement

Jenis iklan ini terbilang cukup unik. Product placement merupakan salah satu kegiatan mempromosikan produk atau layanan secara diam-diam lewat film, sinetron, web series, dan berbagai konten lainnya, kamu sebagai pecinta film atau sinetron pasti sering melihat tekik iklan product placement. Secara tidak langsung, jenis iklan ini merupakan iklan terselubung, di mana dalam sebuah adegan film terdapat sebuah produk dalam bentuk fisik, namun tidak dijelaskan secara langsung. Teknik ini terbilang efektif untuk mencapai demografis yang diinginkan oleh pengiklan.

Mau info lebih mengenai digital marketing? Cara menjalankan digital marketing untuk menarik konsumen dengan cepat dan tepat? Silahkan ikuti webinar kami!

Leave a Comment

%d bloggers like this: