Marketing 4.0: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kondisi pemasaran jaman sekarang sudah memasuki era digital yang dikenal dengan Marketing 4.0. Lalu, bagaimana sejarah kegiatan pemasaran sebelum muncul Marketing 4.0?

Marketing 1.0 terjadi ketika tahun 1950 ketika sektor manufaktur berkembang. Saat itu, tidak terlalu ada kegiatan marketing yang signifikan. Karena itu slogannya “product can sell itself”. Saat krisis tahun 1970-1980 muncullah “Marketing 2.0” yang menjunjung tinggi para pelanggan. Customer sudah semakin cerdas dalam mengeluarkan uang sehingga pembuat produk harus memikirkan value lebih untuk barang yang mereka buat. Lalu muncullah “Marketing 3.0” yaitu kegiatan pemasaran yang bersifat “emotional” yaitu adanya bonding antara customer dan penjual. Pelanggan benar-benar diperlakukan seperti layaknya manusia dan bukan hanya sekedar segmen market. Lalu bagaimanakah karakteristik digital marketing 4.0 saat ini?

1. Penggabungan antara online dan offline

Kegiatan pemasaran saat ini dalam ranah digital tidak serta merta menghilangkan kegiatan offline. Lihat saja Amazon yang malah membuka toko offline. Bagaimanapun, pelanggan tetap membutuhkan sentuhan fisik.

2. Menggabungkan style dan substance

Pada kegiatan marketing 4.0, pengelola bisnis tidak hanya peduli dengan pengelolaan brand juga sehingga perlu menciptakan konten yang menarik dan relevan dengan customer.

3. Marketing 4.0 membutuhkan lebih banyak tahap

Ketika brand awareness sudah terbentuk, konsumen akan mulai menyukai produk Anda dan mencari tahun tentang produk tersebut, setelah itu baru mereka memutuskan untuk membeli, dan bahkan membeli untuk kedua kali hingga seterusnya. Ketika customer puas dengan produk Anda, mereka akan merekomendasikannya kepada teman-teman dan pemasaran pola ini akan lebih efektif.

4. Memunculkan cara baru pendekatan ke konsumen

Perusahaan semakin mudah mengenali siapa konsumennya, mengenali minat para pelanggan dengan user experience. Tujuannya adalah supaya perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan melibatkan mereka dalam pengembangan produk dan jasa.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik menggunakan jasa digital marketing untuk merealisasikan kegiatan Marketing 4.0? Anda bisa segera menghubungi coach Daniel untuk konsultasi.

Leave a Comment

%d bloggers like this: