Mengenal Jenis E-Commerce

E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce yang secara bahasa diartikan sebagai perdagangan yang berbasis elektronik. Dengan kata lain, e-commerce adalah segala transaksi atau kegiatan bisnis yang dilakukan melalui internet.

E-Commerce

Jenis E-Commerce

1. E-commerce Business to Business

E-commerce jenis ini merupakan bisnis yang dilakukan oleh pihak yang saling percaya, saling memiliki kepentingan bisnis, mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.

2. E-commerce Business to Consumer

E-commerce ini merupakan bisnis yang dilakukan produsen yang menjual dan menawarkan produknya kepada konsumen secara online. Sehingga produsen hanya menjual produk atau jasanya dan pihak konsumen sebagai pemakai atau pembeli.

3. E-commerce Consumer to Consumer

E-commerce ini dilakukan oleh antar konsumen. Pelanggan dari sebuah produsen akan menjual kembali kepada konsumen lainnya.

4. E-commerce Consumer to Business

Dilakukan oleh konsumen kepada para produsen. Misalnya konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan melalui media internet kepada para produsen. Kemudian produsen yang mengetahui permintaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan konsumen tersebut.

Yuk, ketahui contoh – contoh E-commerce.

1. Toko online

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah belanja online, sudah popular di masyarakat, terutama di daerah perkotaan dan banyak ribuan toko online yang muncul di Indonesia. Konsumen cukup mengunjungi situs toko online yang dimaksud, mencari daftar barang yang diinginkan dalam katalog, jika barang yang dicari cocok, maka Anda akan melakukan pembayaran, kemudian toko online tersebut mengirim barang Anda melalui jasa pengiriman barang yang banyak tersedia saat ini.

2. Internet banking

Hampir semua orang sudah menggunakan internet banking agar tidak perlu repot mengunjungi bank untuk melakukan transaksi atau tarikan tunai.

3. Pembayaran elektronik

Setiap belanja online pasti Anda sering melakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran elektronik atau disebut juga dengan e-payment, yang akan membantu Anda untuk melakukan transaksi lebih efisien dan aman.

4. Tiket online

 Malas mengantri panjang? Anda tidak perlu repot – repot menghabiskan waktu untuk antri. Dengan adanya tiket online orang tidak perlu antri lagi untuk membeli tiket kereta, pesawat, tiket nonton di bioskop, dll. Sambil bersantai di rumah, Anda bisa melakukan pembelian tiket online.

5. Lelang online

Orang dapat mengikuti proses pelelangan dengan computer. Salah satu contoh situs yang menyediakan lelang barang adalah eBay (eBay adalah sebuah situs web lelang daring yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia melakukan jual dan beli berbagai barang dan jasa).

Mau info lebih mengenai digital marketing? Cara menjalankan digital marketing untuk menarik konsumen dengan cepat dan tepat? Silahkan ikuti webinar kami!

Leave a Comment

%d bloggers like this: