Mengenal Lebih Dalam Teknik Copywriting

Mengenal Teknik Copywriting

Teknik copywriting. Sebelumnya, apabila Anda sering melihat dan membaca sebuah artikel, blog, atau landing page website, Anda tentu akan melihat berbagai konten yang disajikan di dalamnya. Mulai dari tulisan, gambar, video, dan lain – lain.

copywriting

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah ketika seseorang membuat sebuah tulisan, maka tulisan tersebut dapat menarik minat dari pembaca untuk membaca konten tersebut. Copywriting juga tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan penulisan pada website saja, tetapi anda dapat menjumpai dalam berbagai bidang, seperti iklan, blog, artikel, majalah, koran, dan media lainnya. Harapannya, dengan adanya tulisan atau konten yang dibuat, maka dapat menarik minat pembaca dan mengarahkan pembaca tersebut untuk melakukan tindakan yang diinginkannya, dalam hal ini lebih mengarah pada peningkatan keuntungan dari sisi bisnis.

Jenis – Jenis Copywriting

Terdapat beberapa jenis copywriting yang perlu anda ketahui yang terbagi sesuai dengan pekerjaan masing – masing, diantara adalah sebagai berikut:

1. Brand Copywriting

Brand copywriting memiliki tugas untuk dapat menyampaikan pesan kepada pembaca dapat mengenalkan sebuah brand atau merek perusahaan. Tujuan dari brand copywriting adalah lebih mengarah ke arah bisnis dan dapat memperkenalkan produk atau layanan dari sebuah perusahaan.

2. Marketing Copywriting

Tujuan dari marketing copywriting adalah mampu membuat tulisan untuk meningkatkan pemasaran, penjualan produk dan solusi dari sebuah perusahaan ataupun organisasi.

3. Direct Response Copywriting

Kemudian, direct response copywriting memiliki tugas untuk membuat sebuah konten yang di dalamnya bertujuan untuk mendapatkan respon secara langsung dari konsumen atau pembaca. Tujuan akhir direct response copywriting adalah untuk dapat mengarah pada tombol CTA (Click To Action).

4. Technical Copywriting

Technical Copywriting adalah jenis copywriting yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai prosedur penggunaan produk

5. SEO Copywriting

SEO copywriting yang memiliki tugas untuk membuat tulisan untuk dapat mengoptimalkan sebuah website di mesin pencari (Search Engine). Dalam prakteknya juga harus memperhatikan aturan dan kaidah SEO yang benar.

Dalam membuat copy yang perlu anda perhatikan adalah melakukan riset terhadap kompetitor dan memahami tujuan dan mengenalkan produk dengan tulisan yang berkualitas, dan persuasif.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai digital marketing? Ingin tahu lebih mengenai copywriting? Anda bisa mendapatkan informasi lebih dengan mengikuti webinar berikut ini.

Leave a Comment

%d bloggers like this: