Teknik Copywriting A-I-D-A

Teknik Copywriting A-I-D-A Untuk Bisnis Online Kamu

AIDA adalah singkatan dari Attention, Interest, Desire, Action. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya atensi, ketertarikan, keinginan, dan aksi(keputusan). Zaman dahulu, formula AIDA biasanya diterapkan di media lama seperti brosur, televisi, radio, atau iklan koran. Sekarang, media pemasaran baru seperti halaman website, email, dan paid ads (contoh : Google Ads dan Facebook Ads) juga menerapkan formula yang serupa. Berikut penjelasan teknik copywriting formula AIDA:

Attention

Attention merupakan fokus pertama dari konsep AIDA yang memberi tahu kamu agar berhasil menarik perhatian konsumen. Caranya bisa dengan membuat headline atau judul yang bikin penasaran, kemudian ditambah gambar, video, dan kalimat pembuka yang menarik. Kamu harus bisa membuat konsumen berpikir, bahwa kamu punya jawaban dari pertanyaan mereka.

Interest

Dalam tahap “interest” konsep AIDA, kamu harus bisa memperlihatkan sisi keunggulan produk yang kamu pasarkan, sehinggga membuat konsumen menyukai dan tertarik dengan produk atau jasa kamu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa konten yang kamu buat tentang konsumen kamu, bukan tentang kamu ataupun produk kamu. Produk atau layanan harus benar-benar menyelesaikan masalah bagi konsumen.

Desire

Memberikan informasi benefit dari produk. Kamu harus menonjolkan benefit yang akan didapatkan, bukan fiturnya. Ketahuilah bahwa konsumen tidak peduli dengan kamu, karena konsumen hanya peduli dengan dirinya sendiri. Posisikan dirimu dari sudut pandang konsumen untuk menemukan formula kata-kata menjual tepat sasaran. Namun sebelum menyusun kata-kata kamu harus memahami betul-betuk manfaat dari setiap fitur yang disediakan, karena konten itulah yang nantinya akan dijual kepada konsumen.

Action

Tahap action merupakan tahap akhir di mana kamu mengajak konsumen untuk mengambil tindakan pembelian pertama terhadap produk kamu. Tidak hanya membeli, bisa juga mendaftar, membuat akun, mengunduh, atau menjadi lebih kreatif. Tahap ini merupakan tahap trial di mana konsumen akan memutuskan apakah di waktu berikutnya akan menggunakan produk yang kamu pasarkan, atau justru berganti produk.

Mau info lebih mengenai digital marketing? Cara menjalankan digital marketing untuk menarik konsumen dengan cepat dan tepat? Silahkan ikuti webinar kami!

Leave a Comment

%d bloggers like this: