Berbagai Macam Media Promosi Digital dan Kegunaannya

Mungkin sudah tidak jamannya lagi beriklan di media cetak. Media promosi digital sudah mengambil alih hampir semua lini bisnis untuk mempromosikan barang atau jasa.

1. Online Marketing

Ini mungkin media promosi digital yang banyak digunakan orang, karena pebisnis bisa memunculkan produk mereka pada halaman di mesin pencari  Google. Online marketing terbagi menjadi Google Adwords dan google Adsense. Jika Anda berjualan jas hujan, ketika orang mengetik “Jas Hujan” pada Google dan iklan Anda muncul, itu adalah Google Adwords. Sedangkan Google Adsense adalah iklan yang sering muncul jika kita membuka sebuah situs web.

2. Email Marketing

Media promosi digital yang satu ini pasti kamu sudah familiar. Sering, kan kita terima newsletter atau paket promosi yang berlangsung pada bulan tersebut? Itulah yang dinamakan email marketing. Walau terlihat sudah kuno, tapi masih terbukti berguna hingga sekarang. Biasanya, perusahaan harus mempunyai database email pelanggan dalam jumlah besar.

3. Media Sosial

Nah, ini yang paling populer dikalangan anak Millenials. Sejak kemunculan media sosial untuk bisnis seperti Facebook , Instagram, dan Youtube, orang juga menggunakannya untuk beriklan dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya seperti Instagram poll, Instagram Live, Instagram Reels, dan lain-lainnya. Namun, mengelola media sosial tidaklah mudah karena kamu harus membuat konten yang berkualitas secara konsisten, waktu posting yang tepat, dan menjawab pertanyaan dari customer dengan cepat.

4. Influencer

Masih ada kaitannya dengan media sosial Instagram, menggunakan jasa influencer juga salah satu bentuk media promosi digital. Influencer akan mereview produk atau jasa mereka di Instagram (berupa foto, video, atau story)  dan pada bagian akhir biasanya akan ada ajakan untuk menggunakan produk/jasa tersebut disertai dengan promo khusus.

5. Marketplace

Pasti kamu sudah tidak asing lagi untuk yang satu ini. Kamu bisa mempromosikan produkmu di marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, atau Blibli dan membuat promosi dengan ads agar produkmu dikenal. Kesulitannya biasanya terjadi perang harga jika banyak orang yang menjual barang dengan harga yang sama

Leave a Comment

%d bloggers like this: